Senin, 02 Februari 2015

Materi III : Sukses Ujian Nasional

Sekilas materi Seminar Motivasi Sukses Ujian Nasional: 


Ujian Nasional saat ini bukan lagi menjadi syarat penentu kelulusan Siswa. Ujian Nasional telah mentranformasikan diri menjadi tolok ukur kemajuan pendidikan Indonesia, bukan sebagai penentu tunggal kelulusan. Meskipun demikian Mindset (pola pikir) siswa masih terbayang begitu mengerikannya Ujian Nasional ini. Hal ini bisa terjadi karena sugesti atau pengalaman kakak kelasnya terdahulu, teman, guru, maupun keluarga. Ketakutan Siswa diperkuat lagi karena tekanan dari pihak sekolah sendiri untuk lebih giat belajar melalui bimbingan belajar disekolah. Setelah pulang sekolah, anak masih harus mengikuti berbagai bimbingan belajar oleh orang tuanya di luar. Pikiran bawah sadar siswa menagkap bahwa “Ujian Nasional memang menakutkan”, jika ini terus terjadi justru kegiatan penambahan jam bimbingan terasa tidak ada gunanya di karenakan pikiran Siswa terjadi “Mental Block”.


Diberbagai berita elektronik maupun cetak kita sering mendengar dan mengetahui bahwa telah terjadi kesurupan massal di suatu sekolah. Pertanyaan lalu timbul “Apakah ada Puluhan Jin telah memasuki tubuh setiap Siswa?”, “Apakah memang benar itu disebabkan karena serangan Makhluk Halus?”. Instruktur dalam rentang waktu empat tahun terakhir ini sering memberikan motivasi kepada kelas IX SMP/MTs maupun kelas XII SMA/SMK di berbagai sekolah. Berdasarkan pengalaman tersebut, ternyata kasus kesurupan massal di sekolah biasanya disebabkan oleh sebagai berikut:
  1. Siswa merasa tertekan; 
  2. Kejadian mayoritas menjelang Ujian Nasional (Januari-Maret) / Ujian Semester / Kegiatan yang membutuhkan tenaga ekstra; 
  3. Banyak tekanan berlebihan dari Guru / Orang Tua kepada Siswa untuk rajin, giat belajar, sehingga emosi anak yang masih labil belum kuat menerima; 
  4. Sering terjadi pembinaan mental yang kurang tepat di sekolah tersebut; 
  5. Seringkali terjadi terhadap Siswa Perempuan; 
  6. Kesurupan berawal hanya satu Siswa, lalu menjalar ke Siswa lainnya; 
  7. Ada yang telah di bacakan ayat-ayat suci, siswa kesurupan malah tertawa; 

Pengobatan oleh Paranormal / Praktisi Spiritual hanya mengatasi Kesurupan secara sementara, namun akar masalah dalam internal Siswa belum teratasi. Hal ini memungkinkan di kemudian hari terjadi kasus serupa. Pelatihan Sukses Ujian Nasional dikemas dan diperuntukkan untuk mendokrak motivasi secara emosional dan spiritual Siswa kelas IX SMP/MTs maupun kelas XII SMA/SMK yang akan melaksanakan Ujian Nasional. Pelatihan ini akan menunjang berbagai program sekolah dalam upaya mempersiapkan siswanya untuk menghadapi Ujian Nasional seperti Bimbingan belajar, Istigotzah, maupun doa bersama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar