Senin, 02 Februari 2015

APAKAH HIPNOTERAPI SEPERTI DALAM TAYANGAN DI TELEVISI?


Banyak orang telah terkontaminasi oleh tayangan hipnosis di televisi. Hypnosis / Hipnotis sering disalahpersepsikan sebagai perbuatan diluar kendali manusia, seakan-akan terapis dengan mudahnya mengorek segala informasi yang menjadi privasi klien / suyet. Lalu apakah Hipnoterapi juga sama seperti itu? Jawabannya tidak. Hipnoterapi merupakan suatu terapi yang menggunakan teknik Hypnosis / Hipnosis. Sedangkan yang sering dipertontonkan di televisi merupakan secuil dari rangkaian proses Hypnosis itu sendiri yang disebut Stage Hypnosis / Hypnosis Panggung / Hiburan. Dalam kondisi Hipnosa / tidur Hypnosis, Anda masih dapat mengendalikan sugesti-sugesti yang masuk. Sugesti yang menurut Anda bagus, akan diterima, dan yang berdampak negatif untuk kehidupan secara otomatis akan di tepis oleh pikiran bawah sadar. Tontonan di Televisi sebenarnya telah dipersiapkan terlebih dahulu dan Klien / Suyet memang benar-benar bekerjasama untuk menjadikan suatu hiburan bagi masyarakat. Sehingga selucu apapun sugesti yang diberikan kepada Klien / Suyet, maka ia akan mudah untuk menerimanya.

Kembali lagi pemahaman mengenai Hypnotherapy / Hipnoterapi. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa Hypnosis sangat efektif sekali untuk menyembuhkan dan mengurangi permasalahan-permasalahan utamanya mengenai mental serta untuk pemberdayaan diri. Dewasa ini, masyarakat sering disibukkan dengan berbagai permasalahan baik dalam dunia kerja, sekolah, rumah tangga, maupun dalam pergaulan sehari-hari. Semua tidak terlepas dari suatu benturan-benturan dengan sesama yang mengakibatkan permasalahan dan menjadi beban pikiran. Galau, Phobia, Trauma menjadi salahsatu faktor penghambat kesuksesan seseorang yang seharusnya dapat lebih cepat untuk diraih. 

Ada orang yang mengaku bahwa Hypnosis / Hipnotis merupakan Ilmu gelap / Hitam. Mereka berdalih hanya orang yang memiliki Iman lemah yang dapat di Hypnosis. Pemikiran seperti itu menandakan bahwa kurang pahamnya orang tersebut mengenai Ilmu Hypnosis yang sangat Ilmiah. Menurut hemat Saya, justru orang yang dapat dengan cepat memasuki kondisi Hypnosa atau mudah di Hypnosis adalah orang yang memiliki tingkat fokus tinggi / kecerdasan tinggi. Mari kita bertaruh, jika Hypnosis merupakan Ilmu Hitam atau Gelap, silakan Hipnotis orang Gila?? Atau orang yang kurang dapat mengerti bahasa Manusia. Apabila Ada orang yang bisa, Saya siap berguru pada orang tersebut, hehheee..

Sekarang saya bertanya kepada Anda, pernahkah Anda melihat Sinetron sampai terbawa dalam kisah ceritanya atau bahkan ikut geregetan, sebal, dan lain-lainnya? Apakah Anda pernah membaca novel menarik sehingga Anda tidak menyadari bahwa sudah membaca 5jam nonstop? Pernahkah Anda mendengarkan seorang Kiyai, Pendeta atau figur yang memiliki otoritas/pengaruh memberikan nasehat kepada Anda, dan Anda tanpa sadar fokus untuk mendengarkan serta mengikuti semua nasehatnya? Itulah Peristiwa Hypnosis sebenarnya.

Hypnotherapy merupakan suatu terapi menggunakan teknik Hypnosis dalam menyelesaikan permasalahan Klien. Perlu digarisbawahi bahwa Terapi menggunakan Hypnosis akan berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal jika:
  1. Klien benar-benar ingin sembuh;
  2. Klien datang atas niatan sendiri bukan karena paksaan;
  3. Tidak ada niatan untuk mengetes kemampuan Terapis;
  4. Klien benar-benar mau mengikuti sesi terapi;
  5. Ikhlas.
Salahsatu saja dari persyaratan diatas tidak terpenuhi, maka proses Terapi tidak dapat dilakukan atau hasil tidak maksimal. Karena sejatinya Hypnosis memang bukan Ilmu Ghaib atau sebuah ilmu yang menggunakan kekuatan dimensi lain. Jadi apabila masih ada orang yang punya pandangan seperti, “Coba Hipnotis Aku, siapa yang bisa?”, “Aku kebal dari Hipnostis”, “Aku sudah mendekatkan diri pada Tuhan, Ayo Hipnotis Aku??”. BAGAIMANA MENURUT ANDA?????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar